Powered By Blogger

Minggu, 19 Februari 2012

Cara Mengekstrak File Zip Di Hp

Aktifitas berinternetan memang tak lepas dari yang namanya mendownload.Begitu juga bagi kita yang memilih melakukan aktifitas berinternetan melalui hp (mobile internet ) ,aktifitas mendownload juga menjadi hal yang sering kita lakukan tentunya.

Dengan banyaknya format file yang ada,mulai dari pdf , jar ,jad ,mp3 ,doc ,dll ,
tentunya juga membutuhkan software khusus untuk membaca/membuka file tersebut. Salah satu format file yang sering kita download dari internet adalah file yang berformat Zip / Rar.

Format file zip atau rar adalah format file yang terdiri dari beberapa file ataupun single file yang dijadikan satu dan diperkecil ukuranya.Oleh sebab itu file tersebut tidak bisa langsung dibaca,tetapi harus terlebih dahulu di pisahkan (di-ekstract)


Pada PC/ komputer kita dapat mengmisahkan (meng-ekstrack) file-file tersebut dengan menggunakan software Winrar / Winzip.Tapi bagaimana bagi kita yang mendownload file berformat zip tersebut melalui Hp? . Dalam hal ini,mobile Netter khususnya,sering menjumpai file yang hendak didownload itu berformat Zip / rar ( file template blog contohnya).

Maka ada 2 (dua) cara yang dapat kita lakukan untuk meng-ekstrak file berformat zip/rar tersebut melalui device Hp.Berikut penulis sajikan cara-cara termudah mengekstract file zip/rar dari hp berdasarkan pengalaman penulis yang juga ngenet dari hp.

CARA PERTAMA: Menggunakan aplikasi Winzip /Winrar khusus untuk mobile device (Hp)

Saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi utama PC yang juga tersedia untuk mobile. Salah satunya adalah WinZIP dan WinRAR. Keduanya sama-sama untuk mengekstrack file berekstensi Zip,tapi pada versi mobile tentunya winzip/winrar tersebut tidak secangging pada PC,hanya saja memang cukup mampu untuk mengekstrac file zip/rar menggunakan hp.Aplikasi winzip/winrar untuk mobile ( khususnya untuk hp JAVA) dapat anda download di situs www.xchanger.mobi Langsung saja ketik "winzip" di kotak "search" maka akan uncul beberapa aplikasi hasil upload user xchanger,dan cari ekstensi aplikasi yang sesuai dengan OS hp anda. Jika hp kita ber-OS java,maka aplikasi yang kita download ber-ekstensi .Jar . Dan jika hp kita ber-OS symbian,maka aplikasi berekstensi .Sis yang kita download.

Situs tersebut hanyalah situs rekomendasi penulis saja.Anda dapat mencari situs lainya dengan memasukan keyword "aplikasi winzip untuk hp java" di kotak penelusuran Google. Setelah aplikasi tersebut anda download anda dapat mengekstrac file zip tersebut sekarang.

CARA MENGEKSTRACT FILE MENGGUNAKAN APLIKASI WinZIP adalah sebagai berikut:

1. Sebelum membuka aplikasi,pastikan pengaturan akses data aplikasi sudah benar. Caranya : pada aplikasi yang hendak dibuka tekan PILIHAN (pada hp kita) --> akses aplikasi-->akses data --> tambah dan edit data--> pilih "tanya selalu"-->tekan OK

2. Aplikasi siap untuk di jalankan. Buka aplikasi,dan akan muncul pesan perintah " biarkan aplikasi untuk tambah dan edit data" ,pilih "ya" ,maka akan muncul lokasi memory program pada hp kita.

C = lokasi memory telpon
E = lokasi memory eksternet (slot memory)

2. Pilih lokasi memory tempat file Zip itu berada.Setiap membuka lokasi penyimpanan akan selalu muncul pesan "perbolehkan aplikasi untuk tambah dan edit data" ,selalu tekan "ya" untuk membuka. Dan jika ingin kembali pada lokasi /folder sebelumnya tekan PILIHAN (options) dan pilih "back"

3. Jika sudah pada file yang dimaksud, tekan joystik tengah / ok agar aplikasi bisa membaca isi file Zip tersebut, lalu beri tanda centang (tandai/mark) pada salah satu file yang mau di ekstract

4. Kemudian-->tekan PILIHAN-->EKSTRACT. Lalu muncul lagi pesan "perbolehkan aplikasi untuk tambah dan edit data" -->pilih "ya"
Maka file akan terekstrack sampai muncul pesan ,misalnya "2 times remaind"

5. Pilih "Back" untuk melihat file yang telah di ekstract tadi pada lokasi yang sama

6. Langkah-langkah yang sama seperti diatas juga kita lakukan untuk mengekstrack file .rar.



Sekian cara dari saya :)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar